Profil

Dalam rangka membantu pemerintah dan masyarakat meningkatkan derajat kesehatan penduduk  di Propinsi Riau beberapa orang anggota masyarakat telah mendirikan Yayasan Hang Tuah Pekanbaru (YHTP) melalui Akte Notaris Diti Kresnari Iskandar Z, SH No.38 tanggal 09 November tahun 2001. Melalui YHTP, pimpinan yayasan mengembangkan berbagai program pendidikan kesehatan. Pada tanggal 08 Oktober 2002, Menteri Pendidikan Nasional memberikan Surat Keputusan Nomor. 226/D/O/2002 tentang pemberian izin Penyenggalaraan Program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hang Tuah Pekanbaru.

Pada tahap pertama STIKes mengembangkan 2 program studi, yaitu Prodi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Prodi D3 Perekam Medis dan Informatika Kesehatan. Kemudian dikembangkan pula Prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ners, D3 Kebidanan dan D3 Teknik Gigi.

Setelah STIKes Hang Tuah memperoleh Akreditasi B untuk prodi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Yayasan dan Pimpinan STIKes kemudian melanjutkan usaha pengembangan dengan mendirikan Program Studi Pascasarjana Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Penyelenggaraan Program Studi Pascasarjana Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) atas ijin Dirjen Pendidikan Tinggi tanggal 06 April 2009 dengan surat keputusan Dirjen DIKTI No.501/D/T/2009.

Identitas diri Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Hang Tuah Pekanbaru adalah sebagai berikut:

Nama Program Studi : Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Unit Pengelola : STIKes Hang Tuah Pekanbaru
Perguruan Tinggi : STIKes Hang Tuah Pekanbaru
No SK Pendirian Prodi : 501/D/T/2009
Tanggal SK Pendirian : 06 April 2009
Waktu Penyelenggaraan : Juni 2009
No SK Operasional : 9013/D/T/K-X/2011
Tanggal SK Izin Oprasional : 04 Oktober 2011
Status Akreditasi : Terakreditasi
No Telp Perguruan Tinggi : (0761) 33815
No Fax  Perguruan Tinggi : (0761) 863646
Website  Perguruan Tinggi : www.htp.ac.id
E-mail Program Studi : pascaikm.htp@gmail.com
Alamat  Perguruan Tinggi : Jl. Mustafa Sari No 5 Tangkerang Selatan Pekanbaru Riau.

 

Dari informasi tersebut diatas menunjukan bahwa Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Hang Tuah Pekanbaru memiliki Izin, dan izin tersebut sesuai dengan izin pendirian dari instansi berwenang dan lokasi pendirian Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat juga sesuai dengan izin yang diberikan.